Wisata Religi Untuk Mengisi Liburan Bersama Keluarga

Wisata Religi Untuk Mengisi Liburan Bersama Keluarga

Berwisata religi dalam rangka liburan maulid nabi di Jawa Tengah, khususnya daerah Semarang dan Demak, belum komplet jika tidak berkunjung ke Masjid Agung Demak. Lokasi Masjid Agung Demak ini di tempat di Desa Gelagah Wangi, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jika ada mengemudi dari Semarang, menggunakan rental mobil Semarang akan mengajak Anda berkeliling Anda menempuh jarak sekitar 25 meter. Setelah tidah di Masjid Agung Demak, Anda akan melihat bangunan masjid yang besar peninggalan para walisongo yang berbeda dari masjid pada umumnya yang memiliki kubah berbentuk bulat di atasnya.

 

Atap Masjid Agung Demak berbentuk limas bersusun tiga. Detil desainnya memiliki makna-makna terkait dengan keislaman. Atap 3 limas diartikan sebagai Iman, Islam, dan Ihsan. Lalu ada 5 pintu yang menghubungkan antar-ruangan. Jumlah ini menggambarkan jumlah rukun islam. Sementara rukun iman yang 6 itu ditandai dengan jumlah jendela yang ada di masjid.

Di kenal sebagai masjid paling tua di Pulau Jawa karena masjid yang didominasi bahan kayu jati ini dibangun oleh Walisongo pada tahun 1478, pada pemerintahan Raden Patah alias Sultan Demak I. Sunan yang terlibat dalam pembangunannya adalah Sunan Kalijaga, Sunan Ampel, Sunan Bonang, dan Sunan Gunung Jati. Masjid Agung Demak dulunya di gunakan sebagai tempat silahturamih bagi masyarakat di situ.

Sejak awal pertama di dirikan bangunan masjid ini memiliki ukura memiliki luas 31 x 31 m2. Di dekat bangunan utama ini ada Museum Masjid Agung Demak banyak menyimpan sejarah jaman dahulu terkait dengan masjid. Di sisi banguna yang penting juga ada bedug dan menara masjid menara Demak yang terletak di di depan Masjid yang cukup luas untuk orang yang kelelahan menempuh perjalanan jauh. Di sebelah masjid, juga ada sebuah pemakaman raja terdahulu.

Kompleks makam ini merupakan tempat bersemayamnya Raja-Raja Kesultanan Demak serta kerabatnya. Bangunan Masjid Agung Demak akan sangat ramai dikunjungi jamaah terutama pada saat Bulan Ramadhan serta ritual tradisi Grebeg Besar. Anda akan terkesan dengan beragam tontonan menarik berupa ritual masyarakat setempat lalu ada pasar malam di yang ada di sana yang sangat ramai.

Sebelum Anda kembali ke kota asalnya, Anda bisa melanjutkan untuk menikmati agrowisata. Di kota Demak Anda bisa berburu dan memborong buah belimbing dan buahjambu merah delima yang enak dan segar. Setelah puas menikmati liburan rohani dan wisata buah, kita akan langsung di ajak menuju ke Bandar udara Ahmad Yani Semarang dan Stasiun Kereta Api Tawang Semarang bersama sewa mobil Semarang kepercayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *