Tips Memilih Tempat Cuci Piring Atau Bak Cucian Yang Tepat

Tips Memilih Tempat Cuci Piring Atau Bak Cucian Yang Tepat

Salah satu perabotan penting dalam dapur yaitu keberadaan tempat cuci piring atau lebih dikenal dengan kithen sink. Selain digunakan untuk tempat cuci piring dan mencuci peralatan dapur lainnya yang kotor, kithen sink ini juga sering digunakan untuk membersihkan berbagai bahan makanan sebelum diolah menjadi makanan bahkan tempat cuci piring juga menjadi tempat untuk memotong bahan makanan yang akan dimasak. Selain itu, tempat cuci piring juga dapat menjadi salah satu hal utama yang menjadikan dapur terlihat lebih modern dan rapi.

Banyaknya kegunaan dari tempat cuci piring atau kithen sink tidak heran jika komponen ini selalu ada dalam setiap dapur di rumah. Untuk membantu Anda memilih tempat cuci piring yang tepat untuk dapur Anda, berikut merupakan beberapa tips memilih tempat cuci piring yang dapat menjadi bahan referensi dapur idaman Anda.

1. Pertimbangkan Ukuran Pada Kithen Sink

Ukuran tempat cuci piring dapat disesuaikan dengan ukuran dapur miliki Anda. Jika Anda memiliki dapur dengan ruangan kecil atau minimalis sebaiknya gunakan tempat cuci piring dengan ukuran tidak terlalu besar menyesuaikan ruangan dapur. Hal ini sangat berguna untuk menghemat ruang dapur yang berukuran minimalis serta memberikan dekorasi dapur yang proporsional dan juga fungsional. Jika dapur dirumah Anda memiliki ruangan luamayan besar, Anda dapat menyesuaikan ukuran bak cuci sesuai dengan kitchen set yang dipasang di dapur.

2. Perhatikan Material Yang Digunakan

Jenis tempat cuci piring yang tersedia di pasaran memiliki banyak jenis dengan material yang berbeda. Seperti contoh beberapa material yang sering digunakan pada bak cuci piring yaitu, stainless steel, keramik dengan lapisan enamel dan masih banyak lagi. Setiap material pembuat tempat cuci piring tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu contoh yaitu pada material berbahan stainless steel yang lebih mudah dibersihkan dan dirawat serta dapat menjadikan dapur terlihat lebih modern. Namun, material stainless steel lebih mudah terkena noda dan goresan jika dibersihkan dengan tidak benar, sedangkan tempat cuci piring berbahan keramik berlapis enamel memiliki lapisan yang berkilau, namun sangat mudah berkarat jika tidak dibersihkan dan dirawat dengan baik. Sehingga, semua jenis material bak cuci tergantung dengan style yang Anda inginkan, yang paling penting adalah memilih tempat cuci piring dari material yang kuat dan tahan lama serta tidak mudah berkarat.

3. Tentukan Jumlah Bak Yang Diinginkan Dan Kedalaman Bak

Satu set kitchen sink biasanya dilengkapi dengan satu hingga tiga bak cuci. Semakin banyak jumlah bak yang Anda dinginkan, semakin besar pula ruang yang akan terpakai dalam dapur untuk memasang tempat cuci piring ini. Untuk itu, sesuaikan jumlah bak cuci dengan luasnya ruang dapur Anda sebelum membeli satu set kitchen sink. Untuk Anda yang meiliki ruang dapur kecil disarankan untuk menggunakan kitchen sink dengan single bowl, sedangkan untuk ruangan dapur besar dapat menggunakan double bowl hingga triple bowl tergantung dengan kebutuhan dan juga style yang ingin diterapkan dalam dapur. Selain panjang dan lebarnya, Anda juga harus memperhatikan kedalaman bak cuci agar dapat menampung banyaknya peralatan dapur yang akan dicuci.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas semoga dapat membantu Anda menemukan tempat cuci piring yang tepat sesuai kebutuhan dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *