Merawat Cincin Perak

Merawat Cincin Perak

Perak merupakan salah satu jenis logam yang banyak digunakan untuk pembuatan perhiasan, baik berupa cincin, anting, gelang maupun kalung. Dan meskipun tak semahal dan sebagus kualitas yang ditawarkan oleh perhiasan emas, mulai dari materialnya seperti perak 925, perak Bali, kombinasi baru, lapis emas dan lain-lain. Terlebih lagi cara perawatannya begitu mudah. Bagaimana cara merawat perhiasan perak agar tetap mengkilap? Nah dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara dan ketentuan lengkapnya seputar perhiasan perak.

Kilau yang indah inilah yang menyebabkan banyak orang memilih perak sebagai bahan cincin pernikahan, khususnya untuk pihak pria. Ya, sebab untuk umat islam sendiri pria memang dilarang untuk menggunakan perhiasan emas, sehingga untuk menggantinya bisa menggunakan cincin perak.

Namun yang akan dibahas disini bukan lah tentang bagaimana model maupun ukuran cincin perak tersebut. Akan tetapi bagaimana cara merawat cincin perak, apakah perawatannya memerlukan perhatian khusus?

Sebenarnya untuk perawatan cincin kawin perak sendiri tidak sulit, yang terpenting anda hanya perlu mengatur waktu pemakaiannya saja. Seperti halnya dengan tak menggunakan cincin perak ini ketika anda sedang mandi atau melakukan kegiatan lain yang berada di dalam air dan menggunakan sabun.

Sebab cairan sabun, terlebih untuk jenis sabun detergen dan sabun cuci piring yang memiliki bahan aktif cukup banyak ini bisa membuat cincin perak yang anda gunakan kehilangan kilaunya.

Untuk itulah, cara merawat cincin perak agar tetap mengkilap yang paling tepat sebaiknya dengan melepasnya ketika sedang melakukan kegiatan dalam air.

Lalu bagaimana dengan cara perawatan cincin perak yang dilapisi emas? Nah untuk perawatan cincin jenis ini, anda akan lebih dianjurkan untuk sering menyepuhnya dengan emas putih. Sehingga lapisan emas putih yang tergabung menjadi satu bagian dalam cincin tersebut bisa lebih dominan, dan kilau cincin akan semakin terpancar.

Nah untuk cara merawat cincin perak yang dikombinasikan dengan batu atau jenis cincin peak 925 pun sebenarnya sama. Yang terpenting adalah bagaimana anda bisa menjaga kilau cincin tetap terpancar dan warna cincin tidak pudar. Sedangkan untuk kotoran lain yang menempel seperti debu ataupun kotoran kering lain, anda bisa membersihkannya menggunakan tisu maupun lap basah yang halus. Sedangkan untuk bagian yang sulit dijangkau, anda bisa menggunakan kuas halus atau kuas make up yang belum pernah digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *