Cerita Tentang Asal Mula Tempat Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Cerita Tentang Asal Mula Tempat Wisata Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Vertikal caveSeperti yang diceritakan banyak orang bahwa tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta memang sudah ada sejak dahulu kala bahkan mungkin tempatnya sudah ada sejak jutaan tahun lalu, namun belum menjadi tempat wisata seperti sekarang ini. Hal ini dapat dilihat dan dicari sumbernya bahwa bentuk goa yang ada di kawasan Goa Pindul ini bukanlah buatan manusia. Bentuk Goa tersebut memang sudah sejak dulu seperti itu, jadi tidak ada sedikit pun buatan. Hal itulah yang membuat Goa Pindul terkenal dan juga unik sehingga banyak orang yang ingin mendatangi tempat ini.

Namun sebelumnya, tempat ini tidak dibuka untuk umum karena sebelum diresmikan sebagai tempat wisata, tempat ini hanya digunakan oleh warga sekitar untuk kehidupan sehari – hari mereka. Contohnya saja, biasayanya penduduk menggunakan tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta ini dulu sebagai tempat mandi, memancing, atau bahkan mencuci pakaian. Mandi di kawasan Goa Pindul ini dilakukan warga sekitar tiap hari karena airnya yang bersih dan selalu mengalir tidak terkontaminasi limbah pabrik. Selain itu juga, banyak bermunculan ikan – ikan yang bisa dikonsumsi oleh warga sekitar untuk sehari – hari. Namun sampai saat ini, saat sudah diresmikan sebagai tempat wisata kegiatan memancing masih sering dilakukan warga sekitar di malam hari karena hal itu, untuk dijadikan lauk makan sehari – hari mereka.

Lalu pada tahun 2010 barulah Goa Pindul ini diresmikan sebagai tempat wisata oleh Pokdarwis warga sekitar. Awal mulanya ide ini datang dari seorang mahasiswa di Universita Negeri di Yogyakarta (UGM), yang tengah melakukan KKN di dusun ini untuk meneliti bebatuan dan kedalaman air di dalam Goa Pindul. Setelah masuk dan melihat keindahan di dalam Goa, beberapa dari mereka memiliki gagasan yang mengagumkan tentang Goa Pindul ini. Sehingga penelitian terus didalami dan terus menerus diteliti dari segi keamanan dan kelayakan goa untuk wisata. Baru pada akhir November 2010 warga dan pemerintah meresmikan tempat wisata Goa Pindul Yogyakarta ini sebagai obyek wisata minat khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *